Thursday, October 9, 2008

Sate Ambal Kebumen Jawa Tengah

Sate Ambal Kebumen merupakan makanan khas dari salah satu kecamatan di Kebumen, Ambal.Sesuai-lah dengan namanya. Yang menjadi ciri khas adalah bumbunya terbuat dari kedele, bukan keledai....eh salah maksudnya bukan dari kacang ;-p
Ini merupakan makanan favorit keluargaku sejak aku kecil. Dahulu hanya ada 3 tukang sate yang berjualan di Ambal, tetapi tgl 2 October 2008 aku datang kesana...ternyata oh ternyata 'Sate Ambal' sudah merupakan industri wisata kuliner disana! Berderet mobil mewah terparkir di Jln Raya Daendels Ambal, padahal dahulu kalau keluarga-ku datang ke salah satu rumah penjual sate-nya dapat dipastikan kita ikut - ikutan ngejar - ngejar ayam yang mau di potong dan akan kita makan...hahaha...so canda'an "Jangan2 ayamnya masih dikejar!" kalau kita sedang memesan makanan ayam dan nunggunya kelamaan benar - benar berlaku di Ambal ketika aku masih kecil. Fabulous experience! ;-)
Sedangkan kini mantan Presiden RI, Ibu Hj.Megawati Soekarnopoetri saja memuji kelezatan sate ini. Pasti Ibu Mega waktu makan Sate Ambal nggak ikutan ngejar2 ayamnya....wah rugi loh, Bu...pernah jadi presiden tapi gak pernah ngejar ayam untuk dijadi'in sate ;-D Pasti Ibu Mega dikasih info kelezatan sate tersebut dari Ibu Rustriningsih, mantan Bupati Kebumen yang sekarang menjabat Wakil Gubernur Jawa Tengah.
Di keluarga-ku memasak Sate Ambal Kebumen merupakan aktifitas yang sering kami lakukan. Biasanya Mas Tunggal yang meracik bumbunya. Pada dasarnya resep masakan yang paling TOP adalah "perasaan", so takaran juga sebaiknya pakai feeling. Saat resep tersebut harus dikonkrit-kan oleh orang lain, sulit menandingi kelezatan masakan yang diolah dengan "perasaan" - makanya waktu resep tersebut aku tulis dan dimuat di Majalah Lisa - Agustus 2006, aku rasa rasanya kurang terasa mantap. Apalagi ternyata memotong ayamnya terlalu besar ukurannya. Keunikan sate Ambal lagi : potongannya tipis2 dan kecil2 saja agar bumbunya menyerap bersama "perasaan" ;-D
Disajikan dengan ketupat walaupun bukan dalam suasana lebaran.
Kalau ingin berkunjung ke Ambal-nya langsung lebih mantap lagi tuh, sekalian ngadem di Kolam Renang 'Tirto Adem" milik kakak-ku yang terbuka untuk umum.

Resep Sate Ambal Kebumen-ku juga pernah dimuat di web-nya Radio Female. Sebagai pemenang kuis berhadiah daku mendapat voucher dinner di salah satu resto di Le Meridien Hotel (*4) Jakarta.

2 comments:

Sholahuddin Nur'azmy said...

saya barusaja ketinggalan kammera digital di masjid depan kolam renang..apakah anda bisa membantu ?...di dalam kamera itu tersimpan banyak kenangan manis bersama keluarga saya selama di teluk penyu ...mohon bantuannya...no hp saya 081804076836 atas nama Lina. Terimakasih :)

Anna R.Nawaning S said...

Maaf baru sempat reply...saya sudah menanyakan ke pengurus masjid di Ambal Kebumen, ternyata mereka tidak ada yang menemukan kamera tersebut. Semoga di beri ganti oleh-NYA yang lebih baik ya, baik camera dan kenangannya :)