Saturday, February 8, 2014

Manisnya Hidup dengan Pemanis Sehat

Tekad saya di tahun 2014 H/1435 H dan Tahun Kuda : Meningkatkan kwalitas kesehatan dengan makanan/minuman yang sehat . Pastinya menjauhi aneka makanan yang proses pertumbuhannya menggunakan pupuk atau pestisida kimiawi. Go to the hell, Pupuk dan Pestisida Kimiawi!!

Percuma kampanye hidup sehat dan menjadi vegetarian andaikan sayuran yang kita konsumsi pada proses pertaniannya menggunakan pupuk atau pestisida buatan industri/pabrik besar (sintetis).
Tekad tersebut diantaranya untuk mensyukuri nikmat sehat yang Tuhan berikan. Tuhan Mahasempurna menganugerahkan sekaligus memberi amanah berupa kesehatan yang prima kepada saya hingga detik ini. Padahal Ibunda saya mengidap diabetes, dan menurut theory kesehatan anak-anaknya dapat mengidap Diabetes tipe 2. Secercah sinar, Prof.Sidartawan Soegondo MD,Ph.D FACE, Ketua PERSADIA (Persatuan Diabetes Indonesia) mengatakan bahwa kita bisa mencegah diabetes tipe 2 ini dengan cara jangan menjadi gemuk alias diet.
Nggak boleh gemuk en harus diet??? Gubraaak...betapa pahitnya hidup ini apabila saya diharuskan ber-diet dengan membatasi aneka makanan yang lezat. Sedangkan saya adalah seorang Food Blogger yang seringkali diundang oleh restaurant ternama untuk melakukan foodtesting. Kalau cuma kondangan atau diundang menghadiri event (yang juga banyak di selenggarakan di tempat-tempat makan) barangkali saya bisa memilah-milah makanan sehat agar saya dapat melakukan diet.
Tuhan-pun selalu memberi solusi apabila kita ada tekad untuk kebaikan. Saya tetap dapat beraktifitas di dunia kuliner, dan pastinya menyantap makanan lezat tersebut (Asalkan tidak kalap!) di berbagai restaurant namun jikalau diluar event tersebut saya selalu konsumsi makanan sehat dan tetap lezat :)


SAYA, IBU dan GULA
Berbicara mengenai diabetes, tentunya kita tidak akan bisa melepas dari gula atau pemanis. Selama ini ibu saya mengkonsumsi gula rendah kalori terkenal buatan pabrik yang dikhususkan untuk pengidap diabetes. Setelah saya pikir lagi rasanya nggak mungkin ah nggak ada alternatif lain selain gula pabrik tersebut. Lagipula gula yang dikonsumsi ibu khan bukan organik dan sepertinya mau nggak mau pasti ada pengawetnya deh!
Ibu saya sudah yakin dengan gula tersebut. Korban iklan deh....hihihi...
Padahal dahulu saya seringkali mengkonsumsi gula aren yang diolah oleh nenek, adik ayah (tante) dan sepupu.Oh ya, berbicara mengenai gula aren ketika kecil saya kerapkali diajak ayah saya berwisata ke Kebumen Jawa Tengah. Penduduk sana banyak yang membuat gula aren sebagai industri rumahan. Saya yang berusia belum 10 tahun mengamati para ibu membuat gula aren dengan wajan ekstra besar, kemudian mereka memberikan segelas kecil gula aren yang masih mengental kepada saya. Seingat saya betapa nikmatnya, walau belum diolah menjadi makanan dan minuman.
Gula aren yang dibuat oleh para ibu di Kebumen Jawa Tengah itu barangkali merupakan Palm Sugar,mengingat banyak pohon kelapa/palm/siwalan yang tumbuh disana, sekarang sudah pada ngerti belum apa yang dimaksud "Palm Sugar"??? Palm sugar atau gula aren (bahasa Indonesia) adalah jenis pemanis yang digunakan masyarakat Asia Tenggara sejak ratusan tahun yang lalu.Bahan bakunya berasal dari pohon Aren (Arenga Pinnata) yang tumbuh tersebar di seluruh Indonesia.

Memang perbedaan gula pasir yang sudah eksis di masyarakat dengan gula merah apa sih?
Gula Pasir (Cane Sugar) : 
Manis dan mengandung glukosa yang tinggi, kandungan garam mineralnya tidak ada dan tidak mengandung nutrisi, tidak baik untuk kesehatan (Memicu batuk dan demam, terkadang menimbulkan radang tenggorokan). Nggak bisa diandalkan untuk kita yang ingin sehat. Cuma manis sesaat. Manis namun berefek racun...hehehe...
Gula Aren (Palm Sugar) :
Tidak sekedar manis, bahkan rasanya lezat dan khasiatnya bagaikan madu, yang jelas sangat baik untuk kesehatan karena terdapat kandungan mineral dan kadar glukosanya rendah, mengandung vitamin C, protein, thiamine, nicotinic acid, riboflavin, ascorbic. Dapat digunakan sebagai therapi kesehatan untuk asma,anemia, diabetes, batuk, demam, kusta. Sangat baik untuk pertumbuhan anak, gigi kuat, meredam panas pankreas, memperkuat kerja jantung, DIET bahkan sebagai makanan awal bagi penderita typhoid.

GULA AREN, KEMBALI KE KEHIDUPAN MANIS
Menemukan gula aren organik di kota metropolitan Jakarta, disaat saya sedang mencanangkan meningkatkan kwalitas kesehatan agar hidup selalu manis seperti gula benar-benar merupakan peristiwa manis. Apalagi menemukannya dekat dengan tempat tinggal saya. Mungkin banyak gula aren di jual di pasaran, tetapi apakah kebersihan dan kehalalannya terjamin? Apakah bahan baku-nya organik? Belum tentu khan? :) *Boro-boro organik, terjaga kebersihannya saja sudah bagus :D Sedangkan kebersihan adalah sebagian dari iman khan?
Pertemuan awal dengan Arenga adalah saat saya menemani kakak sulung membeli paket herbal di ITC Cempaka Mas. Kakak sulung saya secara berkala membeli paket herbal kesehatan untuk kakak ke-2  yang bertempat tinggal di Belanda. Kebayang khan, kakak saya yang tinggal lebih dari 20 tahun di Eropa saja masih memercayakan perawatan kesehatan dan pengobatan dengan metode alami Indonesia ? :)
Di toko herbal terkenal itu saya melihat-lihat berbagai produk sambil (kembali) bersyukur. Ya bersyukur dikarenakan saya "tidak memerlukan" paket herbal untuk menyembuhkan penyakit . Dengan kata lain : Saya Sehat.


Pandangan mata saya terhenti melihat deretan pemanis yang berderet di dekat tempat duduk. Saya meraih kemasan pemanis tersebut. Mengamati kemasan bertuliskan :
Arenga your healthy choice "Organic Palm Sugar" : All Purpose Organic Sweeteners.
Ingredient : 100 % Arenga Sugar. 
Pemanis organik untuk :
  • Kopi, teh, susu, coklat, sereal, cincau, es kelapa muda, kacang hijau, dll.
  • Minuman herbal : Jahe, beras kencur, temulawak dll
  • Aneka kue basah, kue kering, roti, dll
  • Penyedap aneka masakan
Selain itu  pada kemasan juga tercantum label halal dari Majelis Ulama Indonesia dan Certified by IMO (Institute for Marketecology) Control. Nutrition Facts-nya tercantum lengkap.
Tanpa ragu lagi saya mengambil beberapa kemasan Organic Palm Sugar tersebut. Untuk saya, assisten rumah tangga keluarga (supaya kalau masak atau bikin minuman untuk tamu menggunakan pemanis ini) dan satu lagi saya akan rekomendasikan untuk ibu . Semoga ibu saya cocok dengan Gula Semut Aren yang satu ini, dan semoga dengan menggunakan gula ini pada makanan dan minuman kami sehari-hari maka kwalitas kesehatan kami lebih meningkat. Gula Aren ini juga akan saya bawa saat beraktifitas sehari-hari, jadi kalau sedang mampir ke restaurant saya tidak akan segan untuk meminta ke waitress-nya untuk mengganti pemanis pada minuman yang saya pesan.

Jadi demikianlah cara saya memberi keseimbangan makanan dan minuman agar tetap sehat , yakni :
  • Mengganti pemanis dengan Organic Palm Sugar pada makanan dan minuman yang sehari-hari saya konsumsi.
  • Tidak pantangan meminum/makanan apapun jenisnya, selama bahan makanan/minuman tersebut organik dan halal. Karena keyakinan saya bahwa kita tidak boleh "mengharamkan" suatu makanan/minuman jika itu tidak diharamkan oleh agama saya. Saya tidak akan menjadi vegan karena agama saya menganjurkan bahwa kita harus makan daging, minimal setahun sekali pada hari raya Qurban. Tuhan telah menciptakan hewan yang  memiliki berbagai kandungan pada tubuhnya bermanfaat bagi manusia.
  • Memberi keseimbangan makanan/minuman pada tubuh kita. Tidak semua buah baik bagi kesehatan loh! Buah-buah yang warnanya seuuugeeer, seperti jenis jeruk tertentu justru tidak baik bagi diabetesi, dikarenakan kadar gula yang terkandung pada buah tersebut sangat tinggi. 
  • Makan dan minumlah apapun juga, asalkan seimbang nutrisinya - sesuai yang diperlukan tubuh. 
  • Minum dengan air mineral yang sehat, misalnya air alkali, oxigen, microcluster.
  • Selalu menjaga kebersihan makanan/minuman yang dikonsumsi.
Diet dengan cara diatas,saya tetap dapat menghadiri acara nikahan/ulangtahun/gathering atau foodtesting dengan tenang, pastinya tetap merasakan manisnya kehidupan ini :)  Sederhana khan? Nggak perlu sering membeli makanan/minuman suplement yang harganya sampai jutaan rupiah (Beli sesekali juga nggak masalah sih, daripada junkfood :D ). Diet lebih hemat dan tak tersiksa dengan mengganti pemanis makanan/minuman dengan pemanis sehat, selain itu bisa mendukung pertanian Indonesia. Pihak industri seperti Arenga juga bisa memberi edukasi ke petani agar bahan produksinya tidak tercemar pupuk dan pestisida kimia serta edukasi mengenai kebersihan ke para pedagang kecil.

Apapun makanan/minumannya, pemanisnya....PEMANIS SEHAT :)

Indonesia merupakan negara produsen gula aren terbesar di Asia yang , bahkan bisa jadi sebagai produsen terbesar gula aren di dunia. Yuk budayakan penggunaan gula aren ORGANIK, kemudian kita klaim kenyataan bahwa Indonesia adalah yang terbesar dalam industri ini.


Selain Gula Semut Aren Arenga juga memproduksi Gula Aren Cair (Ada varian Durian loh!). Bakalan beli nih yang gula cair, so diet bukan berarti "mati gaya" kalau sedang berkumpul dengan aktifis kuliner dong yaaa... :)


"Ikutan Menulis Tentang Pemanis Sehat Yuuuk..."

http://eviindrawanto.com/2014/01/lomba-blog-peduli-pemanis-sehat/

Saturday, March 30, 2013

Kopi Oey Rawamangun : Ayam Kuah Asam #4thKopiOey

Tampak Depan Kopi Oey Rawamangun

Kopi Oey adalah outlet ngopi atau makan ala tempo doeloe milik Bapak Bondan Winarno. Awalnya dibuka oulet di Jln.H.Agus Salim (Sabang) Jakarta Pusat. Hingga sekarang membuka cabang di banyak tempat serta tersebar di beberapa kota di Indonesia. Salah satu outlet-nya berada di Rawamangun – Jakarta Timur.
Tanggal 27 Maret 2013 dalam rangka ulang tahunnya yang ke-4 PT.Koptiam Oey Indonesia mengadakan ajang kompetisi “Kreasi Menu Oey 2013”. Masing-masing outlet berkompetisi membuat menu baru. Dipilihlah masing-masing 5 Juri yang menilai menu tersebut. Bersyukur, saya terpilih menjadi Juri di outlet Rawamangun (Yang baru -/+ 1 bulan beroperasi) karena lokasi outlet yang dekat dengan domisili saya.


Inilah penilaian saya sebagai salah satu “PENDEKAR KULINER INDONESIA 2013”

Nama Menu Outlet Kopi Tiam Rawamangun Jakarta Timur
AYAM KUAH ASAM


Kreatifitas Menu :
Nama menu yang disajikan oleh Kopi Oey Rawamangun Jakarta Timur dalam Pendekar Kuliner Indonesia adalah : Ayam Kuah Asam. Keharuman dan tampilan masakan ini mengingatkan saya pada menu Garang Asam Kuah (Bukan yang di-“tum” dengan daun pisang), yakni menu khas daerah Jawa Tengah.
Tampak awal begitu masakan disajikan oleh Waiter (Keponakan : Istilah yang diberi oleh Kopi Oey untuk para petugas) terlihat : Potongan ayam bagian paha atas, irisan cabe merah,irisan tomat hijau muda, dan potongan daun kemangi.Dengan hijau keemasan dan tidak terlalu bening....hhmmm, memaksa saya untuk mengira-ngira apakah dimasak dengan menggunakan santan kelapa atau tidak :D Yang tidak terlihat adalah kentang yang dipotong berbentuk kotak-kotak kecil. Baru terlihat jika kita aduk dan mengangkatnya dengan sendok.
Yang pasti menu ini pada umumnya dimakan menjadi lauk pauk, bukan menu kudapan. Secara umum sih menu terlihat biasa, namun di era fastfood yang sudah bertaburan di kaki lima, menu ini termasuk cukup unik. Sudah amat jarang rumah makan atau resto menyajikan menu seperti ini.
Oh ya, syarat untuk menilai dan mengapreasi menu makanan dan minuman adalah dalam kondisi sehat (fit) agar tidak mempengaruhi penciuman aroma dan rasa. Oleh karena-nya saya menganjurkan untuk Tamoe yang memang berniat mencoba dan mengapresiasi makanan adalah dalam kondisi fit....ya supaya nggak protes,”Laaah, ini kok aroma-nya aneh sih?” atau “Loh, ini agak pahit ya?”. Itu bukan “salah” makanan-nya, Bro...itu karena kondisi kesehatan yang berpengaruh terhadap apa yang kita nikmati. Selezat apapun makanan kalau kondisi kesehatan lagi nggak fit, tetap aja jadi mempengaruhi. Oleh karenanya saya tidak mengatakan bahwa menu Ayam Kuah Asam ini cocok untuk yang sedang mengalami kondisi kesehatan yang sedang “ini” atau sedang “itu”....
Nah, kalau kondisi cuaca baru deh bisa direkomendasikan, misalnya : Ayam Kuah Asam ini asyiknya untuk kondisi cuaca yang dingin atau hujan, disaat makan siang. Tetapi kalau kita menikmatinya di saat malam hari...ya silakan saja karena tidak mempengaruhi rasa selama kondisi kesehatan baik.
Cabai merah dan tomat hijau yang terdapat di Ayam Kuah Asam ini baik untuk asupan vitamin pada tubuh kita. Karena santannya tidak sepekat Garang Asam, maka mudah-mudahan relatif aman dimakan untuk makan malam. Kalau dikurangi atau tanpa nasi juga oke banget, seperti makan soto saja tuh. Bahkan lebih segar, lagipula di menu Ayam Kuah Asam sudah terdapat kentang, jadi dengan berkurangnya nasi putih tetap saja baik bagi tubuh kita.
Scala Penilaian Indikator 1  : 7.5 dari 10


Waktu dan Cara Penyajian Menu :
Beberapa kali saya datang ke beberapa outlet Kopi Oey, dan biasanya waktu yang diperlukan untuk menyajikan menu lebih dari 15 menit – bahkan pernah di cabang Jakarta Selatan kami “dipaksa” kehausan, padahal saat itu kami sedang berbuka puasa bersama! Nah, tetapi di Kopi Oey Rawamangun saya hanya memerlukan waktu 3 menit untuk mendapatkan Ice Lemon Tea sebagai minuman! Apa karena selama ini saya datang ke Kopi Oey (cabang lain) secara berombongan sehingga memerlukan waktu yang cukup lama?
Bahkan menu Ayam Kuah Asam bersama nasi-nya disajikan tidak sampai 10 menit menunggu. Kondisi-nya juga masih hangat mengepul, segar disajikan di sore itu. Terbayang deh, menu ini dapat menjadi menu unggulan di hari yang “basah”. Jadi menurut saya pribadi yang lebih menarik justru aroma pada indra penciuman dan rasa dibandingkan tampilan indra penglihatan, namun alangkah lebih baik lagi air kuahnya ditambah agar garnish dan ayam-nya tidak terkesan “tenggelam” dalam kehimpitan. Ditambah bawang goreng seru kali yaaa?hahaha...ini selera saya pribadi loh :)
Scala Penilaian Indikator 2 : 8 dari 10

Cara Pelayanan :
Sikap Waiter/Waitress (Di Kopi Oey disebutnya : Keponakan) terkesan wajar alias tidak banyak omongan dalam melayani saya sebagai Juri ‘Kreasi Menu Oey 2013’ atau Pendekar Kuliner Indonesia. Saya memang lebih nyaman jika di sutu resto/rumah makan/cafe para Waiter/Waitress-nya bersikap wajar. Khan sekarang banyak tuh tempat makan yang melayani pengunjungnya dengan keramahan bagai robot yang setiap kata dan sikapnya seakan sudah di-program oleh management F&B Industry...hehehe, sampai kalau udah kesal pengen ngomong,”Mbak/Mas, saya sudah hafal deh apa yang Mbak/Mas ingin jelaskan ke saya...” Hahaha...soalnya dari satu cabang ke cabang lain apa yang diomongin mereka sama persis, seperti orang yang menghafal!
Para Keponakan melayani dengan mengenakan seragam sportif kaos berwarna hitam. Good, kalau ada yang kotor tidak langsung terlihat. Tetapi barangkali lebih seru andai para Keponakan mengenakan seragam yang unik ala tempo dulu, yang simple saja kok atau ditambah assesoris barangkali.
Scala Penilaian Indicator 3 : 7.5 dari 10


Kondisi & Suasana Outlet :
[Lokasi] Kopi Oey Rawamangun menempati sebuah ruko di daerah yang ramai. Sangat strategis, banyak kendaraan umum (Dari Bajaj, Ojeg,Taksi,Angkot,Mikrolet,Metromini) lewat di depat outlet Kopi Oey Rawamangun, bahkan tidak seberapa jauh dari jalur  rute Transjakarta no.4 (Pulo Gadung/TU Gas – Dukuh Atas). Oh ya, beberapa kali admin social media mengatakan bahwa outlet Kopi Oey Rawamangun terletak di TEPAT di depan Tip Top Swalayan. Padahal letak Kopi Oey Rawamangun tidak tepat di depan/seberang Tip Top. Tepat di depan/seberang Tip Top banyak berderet tempat makan lainnya.Sedangkan Kopi Oey Rawamangun terletak di seberang ruko yang berada di Jln Balai Pustaka tersebut. Jika kita menyeberang dari Tip Top maka kita masih harus berjalan sekitar 100 meter lagi ke arah Jalan Pemuda atau Apotik Rini. Ya, Kopi Oey Rawamangun terletak sejajar dengan Apotik Rini, salah satu apotik yang legendaris juga di Jakarta.
[Ruangan Outlet] Kondisi ruko Kopi Oey Rawamangun termasuk mungil, terdiri dari 2 lantai. Lantai bawah untuk Non Smoker yang terdiri dari ruangan 6 – 7 meja berkapasitas 4 orang. Di teras juga terdapat meja dan kursi bagi yang ingin menikmati suasana non-AC. Sedangkan lantai atas digunakan untuk Smoker.
Kebersihan relatif terjaga bersih, karena jika terlihat peralatan makan yang menumpuk maka para Keponakan dengan cekatan mengangkat peralatan makan yang sudah digunakan. Yang jelas kebersihan masih terjaga dikarenakan oulet Kopi Oey Rawamangun masih termasuk baru. Baru sebulanan beroperasi-nya. Sayangnya ketika saya berkunjung sedang ada pemasangan (service) TV yang ada di outlet sehingga sempat menimbulkan suara yang mengganggu suasana (Jedak...jeduk...duk...duk...dok).
Bentuk ruangan sih seperti biasa, layaknya ruko namun lukisan, kasir dan beberapa interior menampakkan kesan tempo dulu. Apalagi yang menjadi backsound selama di dalam ruangan adalah lagu-lagu keroncong tempo doeloe, misalnya : Bengawan Solo...yang memang versi tempo doeloe.
[Service Keponakan ke Tamoe dan Kasir] Ketika pertama kali saya berkunjung ke Kopi Oey Rawamangun (Baru seminggu beroperasi) para Tamoe memesan makanan di kasir dan langsung membayar pesanan tersebut. Ketika disodorkan angket oleh Keponakan yang ada disana, saya menuliskan sikap “protes” saya karena kalau memesan dan membayar pesanan secara langsung di kasir kok ya saya berasa makan di tempat makan fastfood/junkfood ala Amerika gitu. Nah, ternyata tanggal 27 Maret 2013 saya melihat Keponakan langsung mengantar daftar menu dan mencatat menu yang ingin dipesan oleh para Tamoe. Seperti di outlet Kopi Oey lainnya-lah, walaupun di desk Kasir saya masih melihat tulisan “Pesan dan Bayar Disini”
[Warta Koffie] adalah koran yang diterbitkan oleh PT Kopitiam Oey Indonesia, terdapat di setiap meja. Di media ini terdapat voucher dan informasi promosi Kopi Oey di beberapa outlet.
Scala Penilaian Indicator 4 : 8 dari 10 


Kesimpulan :
Kritik dan Saran  :
·         Untuk menu Ayam Kuah Asam : Apabila menu ditawarkan kepada Tamoe yang ingin memesan, alangkah lebih baiknya jika Keponakan menanyakan kepada Tamoe bagian ayam mana yang diinginkan oleh Tamoe (Dada/Ayam/Sayap atau bahkan Ceker) karena tidak semua Tamoe menyukai semua bagian ayam.
·         Kalau banyak Tamoe sebaiknya ada Keponakan yang berada di ruangan outlet yang memudahkan Tamoe untuk memanggil jika memerlukan/bertanya sesuatu . So para Keponakan jangan pada bergerombol di dalam dapoer. Saya pernah loh, masuk ke ruangan Kopi Oey dengan gaya celingak-celinguk nggak ngerti Keponakan pada dimana, sehingga saya dan saudara saya nyaris teriak,”Permiiiisssiiii....Puuunttteeeen.....Assalamu’alaikum....”. Ya karena outlet cabang Kopi Oey-nya mirip rumah tempo doeloe juga, jadi benar-benar berasa bertamu deh.
·         Walaupun tidak berharap pelayanan yang istimewa bak raja, sebaiknya jika ada Tamoe yang sudah akan pergi dibukakan pintu-nya apabila ada Keponakan yang berada di dekat pintu masuk/keluar. Begitu pula jika ada Tamoe yang datang, selayaknya disambut dengan wajar agar tidak terulang pengalaman saya ala mertamu di rumah kosong...hehehe...
·         Yang jelas : Kebersihan harus selalu terjaga. Walaupun suasana tempo doeloe, tetapi harus terlihat ‘cling’ – bersih mengkilat baik ruangan maupun makanan dan peralatannya. Termasuk selalu di jaga kebersihan para Keponakan.

Kopi Oey RAWAMANGUN Jakarta Timur :
Jln.Balai Pustaka Raya 13 B
Rawamangun – Jakarta Timur

Wednesday, January 30, 2013

Ubud Bali : Warung Murni

Tampak Depan Warung Murni
Ubud. Yang tercetus diingatan saya jika mendengar kata Ubud adalah saat saya kecil saya diajak kesini oleh ayah saya, dan ibu saya yang memiliki "penglihatan lebih" mengalami peristiwa yang lain dari orang kebanyakan - oleh karenanya keluarga  meninggalkan saya yang masih bayi dirumah bersama saudara sepupu dan pengasuh pada wisata keluarga sebelumnya. Kesan kedua tentang Ubud, di tahun 2000an awal saya dan keponakan saya dikejar-kejar oleh monyet yang berada di tempat wisata Monkey Forest...hahaha...itu yang membuat keponakan saya (Sekar) trauma sampai sekarang. Padahal saat itu kami tidak membawa makanan atau hal lain yang menarik perhatian si monyet loh....
Saya tidak ingat berapa kali saya sudah berkunjung ke Ubud. Heee, saya khan pernah 2 tahun berdomisili di Kuta Bali, jadi beberapa kali menemani turis yang ingin berwisata ke Bali. Sayangnya dulu belum ada Foursquare yang baru saya sadari sangat membantu dalam pembuatan "travelogue". Kini, era isue kiamat terjadi 21 December 2012, yang terlintas di pikiran saya mendengar Ubud adalah : Buku dan Film Eat, Pray, Love dan Ubud Writer Festival dan Bali Yoga. 
Makin berkembang...seberkembang wisatawan-nya. Ubud yang dahulu tenang dan damai jika saya berkunjung kesini, pada tanggal 29 December 2012 sangat ramai. Jalanan yang tak lebar begitu padat sehingga macet begitu terasakan. Setelah dari Ubud Art Market dan Puri Ubud kami berniat makan siang. Kakak saya mengincar Murni's Warung yang pernah beliau kunjungi sebelumnya. Saya yang belum pernah berkunjung ke Murni's Warung mulai kasak kusuk penasaran. Apa sih kelebihan dari warung ini? Namanya warung? Kira-kira hiegenis gak tuh? Hihihi....
Terjawablah pertanyaan saya begitu mobil APV hitam yang dikendarai oleh Pak Agus (Driver yang asli Bali) terparkir di halaman resto bertuliskan "Warung Murni". Buat yang suka jalan-jalan, khususnya berwisata kuliner jangan sampai terjebak dengan kata "warung" bernama lokal deh! Saya yang "anti" di ajak ke warung di Jakarta akhirnya jatuh cinta dengan tempat makan yang eksotis ini :)
Nggak perlu menuliskan banyak kata, karena sengaja saya mengambil beberapa bagian warung ini dalam gambar. Selamat menikmati :)

Suasana Warung-nya Asyik Banget....



Souvenir Shop Menyambut Saat Memasuki Pintu Masuk



Naaah, ini makanan yang kami pesan. Warning nih untuk Muslim/Muslimah : Katakan bahwa bahan makanan yang halal dan peralatannya juga minta dipisah dari yang non-halal.Biasanya orang Bali toleransi dan pengertiannya tinggi mengenai ini, bahkan seringkali saya yang diingatkan oleh mereka dikarenakan kerudung yang saya gunakan...hehehe,tuh khan salah satu manfaat pakai kerudung ;)

Nasi Campur adalah unggulan masakan Bali, plus Sate Lilit tentunya :)
 Web Murni's Group : http://www.murnis.com/

Monday, December 3, 2012

Culinary Race and Smart Dining Class Women's Health Indonesia

Women's Health Indonesia adalah metamorfosis dari Majalah Fit, salah satu media dari Femina Group mengadakan event 'It's Good To Be You : Smart Dining Class' di 3 restaurant Ismaya Group. Acara ini merupakan rangkaian dari Jakarta Culinary Festival 2012 yang saat Grand Opening-nya saya juga mendapatkan undangannya sebagai Food Blogger.
Sebelum keberangkatan ke Singapore untuk longweekend Idul Adha saya menyempatkan diri untuk mengirimkan jawaban yang akan dipilih oleh Women's Health Indonesia. Optimis sih untuk mendapatkan invitation mengikuti event ini, tetapi saya justru tidak mengira bahwa ternyata yang terpilih hanya 5 orang! Saya pikir setidaknya 20 orang yang terpilih untuk mengikuti event ini. Senang pastinya, apalagi kami diajak langsung ke 3 restaurant. Asyiknya lagi nih, Jeng Dina - teman seperjuangan dalam dunia kepenulisan juga terpilih diantara 5 orang.Saya en Jeng Dina khan dalam beberapa bulan terakhir ini seringkali menjadi "Culinary Hunter" bersama.

Healthy Dining is Smart Dining
Kalimat tersebut saya pikir cocok untuk diri saya dan semua orang yang ingin tetap sehat. Baru saja sampai di Social House, restaurant pertama tempat berkumpulnya peserta dan crew Women's Health Indonesia kami disambut oleh MS.Angela H.Wahyuningsih, kami memanggilnya dengan Mbak Atie. Beliau adalah Redaktur Pelaksana Women's Health Indonesia. Saya membuka pembicaraan dengan seorang cewek langsing dan ramah di hadapan saya, ternyata beliau adalah Mrs.Emilia Achmadi , Nutrisionist Konsultan Ahli WHI. Tubuhnya terlihat ideal deh, padahal ternyata beliau merupakan ibu dari 2 anak. Beuuuh, saya aja yang belum pernah melahirkan "kalah bentuk" deh. Tapi tenaaaaang...toh saya lebih sehat dibandingkan banyak wanita yang berusia dibawah saya...hehehe, apalagi kalau mendengar pelajaran-pelajaran yang diberikan oleh Ibu Emilia mengenai Smart Dining
Untuk menuju hidup sehat memang harus dilakukan usahanya sebelum sakit - bukan sebelum usia matang ya...hahaha. Benar loh, saya sempat mendengar cerita dari Mrs.Pangesti "Chichi" Bernadus, beliau adalah Pemimpin Redaksi dan Pemimpin Komunitas WHI yang menceritakan bahwa beliau banyak mengenal wanita obesitas justru di kalangan wanita yang lahir di era tahun 80-an.Yang menjadi salah satu pengaruh adalah makanan yang sangat happening di era tersebut adalah cemilan yang tidak sehat!
Dari awal mendaftar event ini saya yakin bahwa event ini bukan sekedar mencicipi makanan dan mengapresiasikan dalam bentuk cita rasa, tetapi kali ini saya harus mengapresiasikannya juga dari sudut kesehatan. Untuk memperoleh kesehatan yang baik kita nggak perlu diet ketat kok! Justru kita harus melakukan keseimbangan dalam menikmati aneka hidangan yang tersedia, karena semua kandungan yang terdapat dalam berbagai bahan makanan memiliki fungsi yang berbeda. Nah, dalam event ini Mrs.Emilia memberi pengertian dan menjadi konsultan kami agar smart dalam menyantap hidangan yang tersaji di 3 restaurant malam itu.

Restaurant 1 : SOCIAL HOUSE

Social House suasananya menyambut Hallowen...en boneka Hallowen-nya yg kiri ya, bukan yg kanan ;-p
Resto yang satu ini seringkali saya dengar sebagai acuan bagi penggemar kuliner yang senang bergaul di kalangan sosialita. Pihak WHI telah memilah-milah menu sehat yang akan kami nikmati. Saya yang duduk berhadapan dengan Ibu Emilia menyimak baik-baik apa yang beliau paparkan. Berasa jadi orang tajir melintir euy karena menikmati makanan sambil "diingatkan" dan didampingi konsultan nutrisi-nya...hehehe.

Restaurant 2 : PASTA DEWARAKU
Menurut Mrs. Emilia makanan jenis pasta bukan merupakan makanan yang biasa dikonsumsi saat makan malam. Tetapi...maklum aja deh sama kondisi kuliner Indonesia yang makanan untuk dessert aja dihidangkan justru saat kita baru masuk resto tersebut.Pokoknya yang penting bisa makan! hehehe....



6 Jenis makanan dihidangkan kepada kami. Ayo pilih yang sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh. Be Smart! Menu tersebut adalah :
  • Salmon Calppacho
  • Tomato & Onion Salad Pasta
  • Spaghetti Wafu At Aglio Olio
  • Spaghetti Wafu Lotus Beef
  • Spaghetti Wafu Tomato Meatball
  • Spaghetti Wafu Prawn en Avocado Basil

Restaurant 3 : SUSHIGROVE

Party Sahimi

Makanan khas Jepang. Udah ketahuan khan dari namanya. Ntar deh saya lanjut ceritanya.....

Tuesday, September 25, 2012

Aneka Cake en Chocolate di Harvest Kelapa Gading


Keponakan saya merayakan ulang tahunnya di rumah keluarga besar kami di Pulomas. Biarpun udah menyajikan beberapa coklat dari Singapore dan Belanda (kebetulan sehari sebelumnya kakak saya datang dari Belanda) ,prasmanan catering plus gubug Dimsum, Bakso, Es Doger berikut Nasi Tumpeng Lengkap-nya keponakan saya tetap menginginkan ada Ice Cream Cake.
Acara berlangsung saat makan siang. So dengan gaya kilat pukul 10-an pagi saya, bersama 2 keponakan dan sopirnya segera melesat ke The Harvest yang terdekat dari Pulomas. Yup, mungkin jarak The Harvest yang di dekat gerbang utama Jln.Perintis Kemerdekaan berjarak kurang dari 2 kilometer dari rumah saya.



 Kondisi The Harvest Kelapa Gading lumayan ramai ketika kami tiba di lokasi. Untungnya sih kami dengan mudah mendapatkan parkir. Pas di depan The Harvest.Beragam kegiatan pengunjung disana, diantaranya : Menikmati cake di meja/kursi yang terletak nyaris di tengah ruangan, mengamati beragam cake di etalase pendingin, memilih snack yang terletak di sebelah kanan pintu masuk, order beragam jenis cake dan coklat serta antri membayar plus menunggu pesanan datang. Sedangkan kami bertiga menuju ke lemari pendingin di sebelah kiri pintu masuk sambil curi-curi pandang ke arah aneka bingkisan cake/cokies/coklat,dll.Store terlihat padat.
Nuansa warna coklat pekat seakan memberi keteduhan begitu pengunjung memasuki The Harvest, apalagi seakan disambut oleh berbagai cemilan yang digemari pecinta coklat dan cake
smile Tapi untuk ukuran sebuah store Harvest di Kelapa Gading, ruangan ini terasa sempit. Hanya bisa diisi 2 meja. Kalau mau menikmati aneka cake dengan makan langsung disana gimana dong?




   Aneka Coklat
Yang pasti beraneka ragam cake dan coklat tersedia disini.
Beberapa cake yang ditawarkan di sini adalah : Red Velvet, Blueberry Cheese Cake,
Vanila Fruit,Cookies & Cream, Oreo Cheese Cake, Triple Chocolate, Strawberry Cheese Cake, Chocolate Tiramisu, Chocolate Truffle, Rainbow Cheese Cake, Opera, Pistachio Dacquois, Tiramisu, Mix Fruit Cheese Cake, Black Forest,Lapis Legit Prune, Lapis Surabaya, Lapis Legit Plain, Cardinal, Chocolate Devil, Chocolate Caramel, Chocolate Emotion, Chocolate Decadence, Chocolate Cheese Cake.



Wuuuiii...saya nggak hafal semua nama kok, cuma disini memang tersedia brosur gambar-gambar cake tersebut...hehehe...
Setelah mempertimbangkan beberapa pilihan dari Ice Cream Cake, akhirnya kami memilih Ice Cream Cake Oreo Ice Cream, seharga RP 280.000 nett. 


   Ice Cream Cake Oreo
Kisaran harga cake adalah : Rp 35.000 ,- (Cup Cake) - Rp 1.620.000 ,- (3D Character Cake 60x40). Kalau harga cake yang potongan masih ada kok yang Rp 20 ribu-an, sedangkan coklat yang ukuran kecil masih bisa ditemukan juga yang harganya dibawah Rp 10.000,0
Selain cake juga beraneka coklat mungil, candy,dan aneka kue. Termasuk ice cream.

PELAYANAN
Kami melihat gelas-gelas dan tempat minuman. Keponakan saya ingin membeli minuman, tetapi kami lihat nggak ada petugas yang berjaga di dekat pembuatan minuman. Setelah saya menanyakan ternyata dijawab bahwa petugas yang membuat minuman belum datang. Loh??? Gimana sih? Kok bisa gitu? Berarti yg beli makanan dan makan ditempat nggak bisa pesan minuman dong?? Aaiiih...
Dari membayar dan dihantarnya pesanan juga agak perlu waktu panjang nih. Atau karena pengunjung banyak dan petugas terbatas. Jadi besok-besok kalau mau dilayani cepat lebih baik pesan lewat telepon dulu deh. Siapa tahu lebih cepat dilayani smile

Monday, September 17, 2012

Minimalis Berbumbu Traditional

Diajak Mbak Wien yang ingin berbuka puasa Syawal-nya pada tanggal 30 Agustus 2012, kami berenam (Saya, Mbak Wien,Arum,Kany,Gege en Dian) dinner Maghrib di Tesate Menteng. Mbak Wien dan Gege berangkat dari kantor mereka dengan menggunakan APV (Mbak Wien meninggalkan Honda Jazz di kantornya...hehe...Sering gini nih kejadian di keluarga besar kami.Apalagi Mbak Lien yang kalau ditengah jalan macet, mobil langsung diparkir di suatu tempat dan beliau lanjut dengan kendaraan umum. Seringkali juga pergi dengan mengendarai mobil, pulangnya ikutan mobil kantor...Untung deh security-nya sudah kenal baik :D). Sore itu saya, Dian, Arum dan Kany justru berangkat naik taksi, titik point di Gramedia Matraman. Kebayang gak kalau kami juga bawa mobil juga? Hahaha...bingung mau ninggalnya dimana tuh mobil...:p

SUASANA
Ketika kami tiba di Tesate langit masih terang. Lokasi Tesate di hoek persimpangan Jl.Sam Ratulangi - Jl.HOS Cokroaminoto dan Jl.Gereja Theresia sangat mudah terlihat. Tepat juga di depan SPBU. Ruangan resto-nya boleh dikatakan semi outdoor karena pengunjung dapat dilihat dengan mudah dari jalanan. Pintu dan jendela kaca yang besar terbuka semua , ventilasi udara-nya sangat baik, dan untungnya sih walaupun daerah tersebut banyak dilalui kendaraan bermotor namun nggak berdebu atau berisik. Tenang dan sejuk di tengah kota. Atau karena kami datang di sore hari ya? hehe...

Begitu menapaki di jalan masuk Kany berkomentar,"Kayak di Bali deh...". Yup, di kanan kiri jalan setapak terdapat taburan bunga mawar merah dan putih berikut lilin kecil yang berpijar. Memasuki ruangan yang terbuka lebar yang terasa adalah suasana bersih. Awalnya interior terkesan seperti cafe modern minimalis, tetapi begitu diperhatikan akan terlihat jelas traditional dominan Jawa. Pertama lihat saja ke kap lampu-nya yang ternyata bertuliskan huruf Sansekerta.Hihihi, Ibu saya tuh yang masih bisa baca huruf seperti itu :D Di salah 1 sisi ruangan juga terdapat perangkat mini gamelan (Hiiii...pengen punya juga deh saya di rumah!)

Di lantai bawah juga tersedia meja dan kursi yang dapat digunakan untuk meeting atau private room

MAKANAN
Karena nama resto-nya Tesate, maka kami memilih menu utama SATE dong...:) Walaupun banyak menu pilihan lainnya terutama khas Jawa yang tertulis dalam menu tersebut.
Untuk tasty snack kakak saya memesan Klapper Taart sebagai tajilan berbuka puasa. Kali ini saya sedang ingin makan Nasi Merah bersama si sate, bukan dengan lontong seperti biasanya.


Pesanan Gege : Coklat Panas

Saat itu saya memilih menu SATE BLORA ,special request saya memesan tanpa kulit ayam. Jadi sate tersebut terdiri dari daging ayam dan telor ayam muda.


Gege memilih SATE PONOROGO.


Sedangkan Arum dan ibu-nya memilih SATE MADURA.


Keren banget ya Indonesia...itu baru dari sebagian kecil Jawa saja kami dalam 1 meja bisa menyantap 3 sate dengan kekhas-an daerah masing-masing. Padahal masih buaaanyaak sate khas daerah di Indonesia lainnya.
Oh ya, Arum juga memesan SATE BEBEK yang ada semacam sayur nangka tapi bukan gudeg.


PELAYANAN
Kalau soal pelayanan oke banget kok. Jarak antara meja dengan tempat petugasnya standby sangat dekat sehingga jika kita memerlukan sesuatu nggak pakai teriak-teriak... :D

Monday, August 20, 2012

Heaven at Atlet Century Park Hotel

Sejak awal Ramadhan 1433 H saya sudah banyak mendapat undangan buka puasa bersama, bahkan dalam sehari bisa di beberapa tempat. Padahal saya sedang ingin menikmati me time sambil berbuka puasa,saya pikir terasa lebih khusyuk menjalani ibadah tersebut. Buka puasa di mall?? Jelas nggak banget . Di rumah?? Biasa banget. Hotel?? Tepat! Ini pilihan yang asyik banget, apalagi pas yukmakan.com dan Hotel Atlet Century Park mengadakan 'Ramadhan Food Review Competition'.

Kesempatan berbuka puasa di Hotel Atlet Century Park baru bisa pada 2 hari terakhir puasa, kebetulan saya ada keperluan di fX tetangga hotel ini. Voucher dari yukmakan.com telah saya persiapkan. Lumayan loh, dengan voucher tersebut kita bisa mendapatkan discount 15 % di Senayan Cafe dan 25 % di Sweet Corner & Terace Cafe. Ketika berangkat niatnya mau sekedar ngemil dan ngopi di Sweet Corner & Terace Cafe-nya aja sih, karena biasanya saat kita berbuka puasa (Maghrib) kita lebih terasa cepat kenyangnya. Beneran nih cuma ngemil dan ngopi???! 

Ramadham Kareem

Meja Ta'jil Prasmanan
 
Menyambut Ramadhan Hotel Century Park mengadakan "Ramadhan Kareem", salah satu programnya adalah : Ramadhan F & B Promotion di Senayan Cafe dan Sweet Corner Coffee and Pastry. Kalau pengunjung mau menikmati Ta'jil disediakan secara prasmanan dengan harga Rp 85.000 ,- ++ (including coffee or tea).
Yang mau sahur bisa menikmati buffert @ Rp 120.000 ++/ orang dan Dinner (Buka puasa)  Buffet @ Rp 180.000 ++/orang di Senayan Cafe.
Seru-nya nih, ternyata setiap pembayaran minimal Rp 500.000 ++ pengunjung akan memiliki kesempatan untuk memenangkan tiket Umrah!!! Waaah, seeruuuu...sayangnya saya baru ngertinya saat akhir Ramadhan. Mudah-mudahan Ramadhan tahun depan F & B Hotel Atlet Century Park mengadakan games atau hadiah langsung yang menarik lagi. Keren banget ya, berbuka puasa di hotel bisa dapat kesempatan tiket ibadah menuju surga :)
Di depan Senayan Cafe dan Sweet Corner Coffee & Pastry terdapat bedug yang besar. Saya pikir sekedar pajangan...eh ternyata saat waktu menunjukkan pukul 17.57 bedug tersebut dipukul oleh petugas hotel, tanda Maghrib alias waktu berbuka puasa telah tiba :)


Sweet Corner Coffee & Pastry

Memasuki lobby hotel telah terlihat dan terdengar live music Gambus. Tepat dugaan saya bahwa live music tersebut berasal dari Terace Cafe. Dari pintu utama saya langsung menuju sisi kiri lobby, dan duduk di salah satu seat Sweet Corn Coffee & Pastry. Yang dimaksud Terace Cafe ternyata adalah bagian dari Sweet Corner Coffee and Pastry yang berada di luar ruangan dan diperuntukkan sebagai smoking area. Bedug Maghrib masih sekitar setengah jam lagi, waiter yang ada di sana menjelaskan aneka makanan yang ada di menu. Hihihi, niat sekedar ngemil dan ngopi-nya nggak kesampai'an! Ketika saya membuka menu list Senayan Cafe terbaca jelas list Food and Beverage yang menggoda mata dan lidah tentu-nya :D Loh kok menu Senayan Cafe?
Yup, list menu Senayan Cafe yang saya buka karena pengunjung boleh memesan menu utama jika ingin makan dari menu utama tanpa harus ke Senayan Cafe. Makanannya tentu saja diantarkan ke tempat kita duduk di Sweet Corner Coffee & Pastry. Hal ini tentu-nya mempermudah saya untuk mengetahui aneka minuman dan cemilan yang ada disini, karena untuk memesan aneka cemilan di Sweet Corner Coffee and Pastry kita bisa langsung melihat di etalase kaca dan menunjuk cemilan yang kita inginkan.


Okay, yuk kita review cemilan yang saya lihat di Sweet Corner Coffee & Pastry!
Sore itu terdapat :
  • Martabak Mini                                        @ Rp 24.000 nett
  • Chiken Boxing                                         @ Rp 24.000 nett
  • Abon Bread                                              @ Rp 24.000 nett
  • Black Forest                                            @ Rp 30.000 nett
  • Mocha Cake                                            @ Rp 30.000 nett
  • Red Velvet                                                @ Rp 30.000 nett
  • Fruit Tarlet Small                                    @ Rp 20.000 nett
  • Pudding Caramel Bakar                          @ Rp 27.000 nett
  • Mix Salad                                                 @ Rp 25.000 nett
Harga tersebut perpotong ya (Kecuali Martabak Mini dan Chiken Boxing yang 2 potong), so jangan ngebayangin dengan uang Rp 30.000 kamu bisa mendapatkan Black Forest dengan diameter 20 sentimeter...hehehe.
Selain itu, sehubungan dengan Ramadhan cafe ini juga menyediakan Sweet Arabica Dates alias Kurma dari berbagai jenis dan harga.

Itu beberapa cemilan yang tersedia. Sedangkan minumannya? Minuman spesial Ramadhan yang ditawarkan adalah :
  • Power Smoothies (Blended of fresh milk, youghurt, banana and strawberry fruit,mixed with honey)
  • Herbal Coffee (Espresso coffee mixed with ginger water,chai syrup and froth milk)
  • Jelly Coffee (Blended of espresso coffee and ice cream with fresh milk mixed with caramel syrup with jelly)
  • Dates Smooties (Blended of kurma fruit with fresh milk and simple syrup)
Untuk Coffee-nya yang juga tertera di list menu Senayan Cafe :
Fresh Coffee,Espresso single/double,Cappucino,Coffee Latte,Coffee Viena,Flat White,Caramel Macchiato,Macchiato Double/Single,Picollo Latte,Ginger Latte,Herbal Coffee,Hot Coffee Flavour,Mocha Latte,Freshly Brewed Pot of Coffee .
Harga berkisar antara Rp 28.100 ++ sampai Rp 36.450++

SENAYAN CAFE


Kalau Senayan Cafe menyediakan aneka menu utama, dari menu untuk anak-anak sampai menu orang dewasa. Menu tersaji dengan kaya variasi dari makanan Starter sampai Dessert. Bisa makan dengan gaya makan Buffet dan juga bisa a la carte. Makanan yang tersedia memiliki keberagaman menu traditional Indonesia dengan  cita rasa international.
Buku menu-nya juga keren loh, khas Indonesia - corak batik dilengkapi banyak foto menu yang tersedia. Bagus , nggak menjebak pengunjung yang makan disini :)


Yang menjadi menu spesial Hotel Atlet Century Park adalah : Signature Century Duck, Ayam Bakar Kampung, Habib's Lamb Curry, Oxtail Soup, Fried Gurame, Sate Gelora, Soto Ayam, Signature Century Bubur Glewoh (Menurut petugas yang melayani saya ini bubur semacam bubur Cirebon berbumbu hijau).

Tetapi nggak hanya makanan traditional Indonesia saja kok, disini juga tersedia menu Western Steak.
US Tenderloin, US Striploin, US Rip Eye, NZ Lamb Chop, Norwegian Salmon, Chicken, White Fish Snapper, Mixed Grilled (beef,chicken,lamb,prawn jumbo),
Harga  berkisar antara RP 61.984++ sampai Rp  231.405++

Menu Rice & Noodles menyediakan : Nasi Goreng Buntut, Nasi Goreng Komplit, Sea Food Fried Rice, Nasi Goreng, Mie Rebus, Mie Goreng, Mie Pangsit, Kwetiaw.


BUKA PUASA 

Asyik banget khan pilihannya, beragam dan mengundang selera.Saya sampai bingung mau makan apa? Berasa di surga aja nih bebas memilih berbagai makanan dan minuman yang lezat. Awalnya saya ingin memasan Signature Century Bubur Glewoh, tetapi akhirnya malah memesan Mie Rebus! Loh, makan di hotel pesannya cuma Mie Rebus???!!

Mie Rebus @ Rp 59.505++ Senayan Cafe


Eiiit jangan salah...ketika Mie Rebus pesanan saya datang, saya sempat tercengang melihat porsinya yang besar. Udah gitu nih, saat saya sedang menikmati Mie Rebus tersebut tiba-tiba seorang pengunjung menghampiri saya,"Baru buka puasa ya.Dik ?" Saya mengiyakan sambil tersenyum. Tiba-tiba beliau bertanya," Wah apa tuh makanannya?? Kok sepertinya enak sekali ya? Namanya apa? Saya ingin juga deh pesan makanan yang seperti adik makan...". Ahaaa...bayangin deh, gimana sih ekspresi saya ketika menikmati Mie Rebus tersebut hingga orang yang tidak berpuasa saja sampai "naksir" makanan yang saya pesan. Ibu tersebut adalah tamu yang menginap di kamar hotel, en kebetulan rumahnya di Sunter lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah saya di Pulo Mas.
Mie Rebus Senayan Cafe selain besar bumbunya juga pas. Nggak pedas, nggak berlemak dan nggak hambar. Pas banget deh, cocok untuk semua selera. Porsinya memang besar,dihidangkan bersama 1 piring kecil emping, acar dan sambal.
Saya sempat menanyakan ukuran menu ke waiter di sana. Ternyata menu di Senayan Cafe ukuran porsinya memang besar semua! Saya pikir harganya sangat reasonable deh dengan ukuran porsi yang seperti itu.
Sebenarnya saya sudah merasa kenyang dengan makan Mie Rebus tersebut, tetapi masaq iya sih saya nggak mencicipi camilan dari Sweet Corner Coffee and Pastry (Ingat loh, padahal saya awalnya justru hanya ingin ngopi dan ngemil khan?). Saat itu juga saya langsung memesan 1 Pudding Bakar Caramel.

Pudding Bakar Caramel @ Rp 22.314++  Sweet Corner Coffee & Pastry


Pudding Caramel Bakar ini diberi topping irisan buah Kiwi, Strawberry, Cream dan Coklat.Begitu saya menyuapnya ke mulut....huuuuuwww....Heeeaaaaavvveeeeen! Benar-benar merasakan surga di mulut deh :D Manis-nya sangat menetralisir rasa gurih Mie Rebus yang baru saja saya nikmati juga. Sempurna! Benar deh, kalau saya kebetulan berada di sekitar Hotel Atlet Century Park saya akan usahakan menyempatkan diri mampir kembali ke Sweet Corner Coffee & Pastry. Apalagi harga kopi yang ditawarkan termasuk terjangkau dibandingkan tempat ngopi yang ada di mall, apalagi fasilitas dan pelayanan di sini adalah kelas hotel berbintang.
Oh ya, untuk minuman - seperti biasa saya nggak terlalu macam-macam, hanya memesan Ice Lemon Tea seharga Rp28.099 ++ walaupun sebenarnya minuman yang ditawarkan oleh hotel ini sedemikian menggiurkan. Lain waktu deh ya saya pesan minuman-minuman itu....
Dengan tingkat kepuasan yang tinggi saya membayar ke kasir yang berada di Senayan Cafe. Setelah saya lihat dekorasi Betawi di tempat makan ini saya merasa pernah makan disini....O lalala...ternyata beberapa tahun lalu saya pernah makan malam prasmanan di Senayan Cafe. Ketika itu saya sedang diajak menginap oleh kakak saya. Itu-lah salah satu fungsi review atau memiliki blog, dapat mengingat apa masa lalu yang indah. Hhmmm,,,jadi ingin menginap kembali di Hotel Atlet Century Park deh, tentunya sambil menikmati kuliner-nya di 2 tempat ini...masih banyak yang ingin saya cicipi euy!

Thursday, June 21, 2012

Food Blogger Gathering : Haagen Dazs and yukmakan.com


Belum genap 1 bulan mengikuti yukmakan.com Culinary Adventure 2012, Saya kembali mendapat invitation untuk mengikuti event yang diadakan oleh yukmakan.com, disponsori oleh Haagen Dazs. Ada 20 Food Blogger terpilih untuk mengikuti gathering kali ini.


Acara berlangsung di Haagen Dazs Cafe Plaza Indonesia. Lokasi cafe ice cream ini terletak di lantai 5, tepat diperbatasan Plaza Indonesia dan EX. Sebelum pukul 14 sebagian besar Food Blogger telah berada di lokasi acara.
Sebagai MC adalah Angel Budiman (lagi) yang juga MC di acara Culinary Adventure 2012. Food Bloggers satu persatu memperkenalkan diri. Saya "mengaku" menjadi Food Blogger sejak 2008. Sebenarnya sih menjadi Blogger sejak blog belum ada. Loh kok gitu?? Iya, karena tahun 1995 saya sudah mulai bercorat coret di dunia maya, diantaranya membuat situs pribadi gratisan di geocities.
Setelah memperkenalkan diri maka dipanggillah Chef Lia dari Haagen Dazs yang mempresentasikan mengenai Sushi Ice Cream.

Food Bloggers Memotret Sushi Ice Cream


SUSHI ICE CREAM
Siang ini Si Sushi menjadi bintang di event Food Blogger. Ini produk keluaran terbaru dari Haagen Dazs, dalam 1 porsi-nya kita mendapatkan 4 keping Sushi Ice dengan jenis berbeda, yakni :
  • Mango Salmon Sushi
  • Kiwi Gunkan
  • Raspberry Kani Sushi
  • Strawberry Gunkan
Harga perporsi @ Rp 88.000 ,- belum termasuk tax.
Kalau kita memesan Sushi Ice Cream maka akan mendapatkan ke-4 varian yang berbeda yaa, jadi gak bisa tuh misalnya kamu pesan 1 porsi dengan request 2 Kiwi Gunkan dan 2 Strawberry Gunkan.Atau kami mau pesan keempatnya Mango Salmon Sushi. Gak bisa, Say! Nikmatin semuanya deh tanpa terkecuali. Rasanya oke kok, apalagi fresh dan khasiatnya baik untuk kecantikan kulit #tsaaah.
Masing-masing blogger dibagikan 1 Ice Cream Sushi. Saya mendapatkan Raspberry Kani Sushi dan rekan di depan saya mendapatkan Mango Salmon Sushi.Kami mencicipi ice cream satu sama lainnya. Untuk 2 varian ini bagian atas-nya terbuat dari sorbet , dan dibagian bawahnya adalah ice cream (Kalau di resto Jepang, bagian bawah biasanya pakai nasi).
Lucky me, pada event yukmakan.com Culinary Adventure 2012 di La Piazza saya mencicipi  Kiwi Gunkan dan Strawberry Gunkan, sehingga saya telah mencicipi ke-4 varian Haagen Dazs Sushi Ice Cream :) Untuk Kiwi Gunkan dan Strawberry Gunkan pada topping-nya menggunakan fresh fruit, ice cream vanila-nya terbungkus oleh coklat.



Dari yukmakan.com Culinary Adventure 2012

Yukmakan.com...Yang Penting Enak Banget
Pihak penyelenggara, yukmakan.com mempresentasikan mengenai yukmakan.com . Berdasarkan hasil angket yang sebelumnya diberikan ke Food Blogger mayoritas mengetahui yukmakan.com dari situs-nya. Kalau saya sih mengetahui yukmakan.com justru dari majalahnya. Beberapa waktu lalu khan MKG mempromosikan majalah ini di setiap kasir Food Temptation. Dari sana-lah saya mengetahui mengenai yukmakan untuk pertama kalinya.

Majalahnya , Kakaaak....Silakan beli,Kakaaak :D


Ice Cream Decoration Contest
Siang itu kami dipasang-pasangkan membentuk kelompok yang terdiri dari 2 anggota karena akan diadakannya Ice Cream Decoration Contest.Yiiiipppiiii...menghias ice cream! Kali ini saya mendapat ice cream, bukan sorbet seperti yang kelompok saya dapatkan di event sebelumnya. Sorbet cenderung cepat meleleh, sehingga hati saya turut meleleh saat juri menilai dekorasi ice cream yang telah meleleh...hehehe..

Foto dibawah ini merupakan bahan yang diberikan kepada kami, dan hasilnya setelah di dekorasi oleh kami berdua. Yeeeaay, jadi Juara 3!!! Asyyiiik, dapet Gift Certificate Haagen Dazs @ Rp 100.000 ,- dan berlangganan Yuk Makan Magazine selama 1 tahun.



Icap Icip First Love Cake
Selanjutnya nggak selesai begitu saja dong, karena hari ini Food Bloggers juga dimanjakan oleh First Love Cake (Japan & Taiwan Most Famous Luxury Cake).Kami merasakan sensasi cinta pertama yang begitu lembut dan menggoda (Bener gak sih cinta pertama itu begitu?? Soale saya udah sampai lupa siapa cinta pertama saya...hahaha,saking banyaknya en dalam waktu bersamaan memiliki banyak cinta ;-p)

Original Cake
Tekstur cake-nya halus en lembut khan?
Yang pasti keunggulan First Love Cake adalah natural ingredients, misalnya mereka menggunakan vanila beans yang natural. And cake tersebut 100% handmade yang dibuat dengan LOVE!!! Di jamin gak bakal dikhianati deh sama First Love Patisserie :D
Selain rasa original, First Love Cake memiliki varian :
  • Oreo
  • Japanese Green
  • Coffee
Harganya :
  • Original      : Rp 280.000 (0.9 kg, diameter 20 cm) dan Rp 320.000 (1.3 kg, diameter 24 cm)
  •  Flavoured : Rp 295.000 (0.9 kg, diameter 20 cm) dan Rp 360.000 (1.3 kg, diameter 24 cm)
Sampai saat ini First Love Cake baru memiliki 2 counter penjualan, di Plaza Indonesia dan Pantai Indah Kapuk. Sedangkan kalau ingin membeli secara slice kita bisa membelinya di beberapa tempat seperti : Social House, Dante, dan beberapa tempat lagi.
Untuk delivery order silakan hubungi : 021. 36232826 / 0818 08843888 / 087887680333

Itulah serangkaian event Food Blogger Gathering persembahan yukmakan.com yang disponsori oleh Haagen Dazs. Nexttime pada ikutan deh kalau yukmakan.com ngada'in event! Seru...peminatnya membludag, makanya harus diseleksi. Nggak usah putus asa kalau belum beruntung, karena hadiah yang diberikan juga asyik! Bahkan secara berkala yukmakan akan mengundang Food Bloggers untuk Food Tasting. Untuk saya pribadi sih, makanan hanya ada 2 rasa, yakni : Enak dan Enak banget! Khan seperti motto : yukmakan.com...yang penting enak bangeeet :)

Mengenai hadiah, saat Food Blogger Gathering ada acara penyerahan hadiah juga untuk pemenang event Culinary Adventure 2012. Hadiahnya : Paket Wisata Kuliner di Bali dan Menginap di hotel bintang 5 di Bali juga. Ini pemenangnya :