Sunday, March 19, 2017

March Fiesta, Keseruan Acara dan Kuliner Food Garden di Jakarta Garden City

Saya rindu menikmati keindahan sore di Jakarta Garden City. Berlokasi di Cakung , penghujung Timur , maka di area ini matahari terbenam paling akhir di langit Jakarta. Keromantisan aura sunset Jakarta dapat kita rasakan.

3 tahun lalu setiap akhir pekan saya mengendarai motor menuju deretan ruko bertingkat di Jakarta Garden City. Bercengkerama dengan para sahabat yang tinggal di sekitar. Di kursi meja berpayung yang berada di deretan ruko,  kami menghabiskan hari sambil makan dan minum yang kami beli di ruko tersebut. Saya sangat menyukai menu khas Manado dan Jawa Timuran yang tersedia. Semilir angin sore menyejukkan, membuat ingatanku lepas dari keriuhan industri di luar sekitarnya.
2 tahun lalu saya dan rekan kerja berbuka puasa di rumah makan Padang di Jakarta Garden City, setelah selesai urusan kami di Club House. Ini terakhir kalinya saya berkunjung ke JGC.

Hingga akhirnya saya mendengar bahwa Jakarta Garden City akan mengadakan acara pembukaan fasilitas baru-nya, Food Garden pada tanggal 18 Maret 2017. Kerinduan suasana dan makan di JGC memacu saya untuk hadir pada acara "March Fiesta at Food Garden". Saya tertegun begitu masuk area JGC , di sebelah kanan jalan sudah berdiri megah bakal AEON Mall, shopping mall asli Jepang itu akan beroperasi segera. Sebelah kiri jalan terpampang papan bertuliskan keterangan akan segera dibangun IKEA.

Saya tiba di Food Garden dengan perasaan nyaman. Security di sini masih belum berubah, masih ramah dan siap membantu pengunjung. Ramai suara ceria  anak-anak dari  Lavender Blue , Global Mandiri (Keponakan saya alumninya loh...hehe) dan kelompok seni sekitar yang akan memeriahkan acara March Fiesta atau Opening seremoni Food Garden, arena kuliner berkonsep alfresco. Dengan konsep alfresco konsumen dapat menikmati hidangan di ruang terbuka yang bersih, teduh dan asri. Lingkungannya juga ramah anak dan lansia.


Setelah seremoni pelepasan rangkaian balon oleh Mr.Hironimus Yohanes (General Manager dan Sales Jakarta Garden City) beserta perwakilan tenant sebagai tanda dibuka-nya Food Garden at Jakarta Garden City dan penampilan beberapa anak-anak maka saya langsung menjelajah kuliner seru di Food Garden Jakarta Garden City yang memiliki area seluas 1,7 ha . Kuliner yang ditawarkan oleh masing-masing tenant sangat menggugah selera makan kami. Sebagian tenant mempresentasikan menu makanan dan minuman dengan kreatifitasnya. Menarik dan beragam !

Terdapat 19 tenant yang menyediakan masakan nusantara dan mancanegara. 13 tenant yang menyediakan masakan nusantara, yaitu : Ayam Bebek Kremes dan Soto Kudus, Depot Karebosi, Ayam Goreng Karawaci, Daeng Bersaudara Khas Bugis Makassar, Nasi Timbel Parahyangan, Kedai Bakso'ku, Soto Susu JG, Cwie Mie Malang, Sallero Rasso, Selera Nusantara, Rumah Rawon, Dapur Nyah Rita, K & A Restaurant.
Selebihnya adalah 6 tenant masakan mancanegara, yaitu : Ramen 38 , Putra Kenanga, Brandt's Atelier, Djabrew Cafe, Cafe Tok Tong, Publika.
Beragam dan pasti banyak pilihan khan? Oh ya sekedar mengingatkan untuk memperhatikan menu non-halal bagi muslim yach. Karena terdapat tenant yang menyediakan menu non-halal. Sebaiknya sih memang untuk hal ini juga perlu diinformasikan ke pengunjung agar lebih yakin, setidaknya tercantum tulisan "No Pork - No Lard" di depan oulet masing-masing.
Siang itu saya sangat ingin makan bakso, hingga tak ragu untuk masuk ke Kedai Baksoku dan Dapur Nyah Rita. Hhhhmmmm...


Kedai Baksoku (Food Garden C – 8)

Yang saya sukai dari bakso di Kedai Baksoku adalah kuahnya yang menggunakan minyak bawang putih. Bawang putih yang di-cincang dan digoreng, minyaknya di campur dengan kaldu kuah. Hhhhmmm...guriiih!
Teman saya memesan bakso campur lengkap dengan kwetiaw. Jarang-jarang khan bakso ala kampung yang menggunakan kwetiaw?
Saya hanya memesan 1 butir bakso telor seharga Rp 10.000
 

Dapur Nyah Rita
Makanan  di Dapur Nyah Rita dapat dipesan secara satuan. Makanan yang tersedia : Bakso Ikan, Fish Cake, Fukian, Tahu Isi, Pare dan Nasi Putih. Harga satuan berkisar antara Rp 3000 hingga Rp 8000. Selain satuan ditawarkan pula menu paket.
Bakso di Dapur Nyah Rita berbahan ikan ekor kuning yang masih segar, dan dibuat tanpa menggunakan tepung dan pengawet. Sehat dong yach, apalagi di paket yang kita pesan di beri sayuran hijau dan toge.
Saat itu juga saya mencicipi Mie Kepiting yang juga direkomendasikan oleh Owner-nya yang berasal dari Pontianak Kalimantan Barat. Yeaaah, menu ini merupakan salah satu menu favorit saya! Mie Kalimantan nan lembut dengan kaldu seafood dan ayam-nya seakan membuai lidah dan kerongkongan saya....


Dengan harga makanan dan minuman yang rata-rata sangat terjangkau, rasanya saya ingin mencicipi semua makanan yang di sajikan oleh para tenant di Food Garden, namun karena keterbatasan kemampuan perut untuk menampung maka saya pasti akan kembali ke Food Garden. Baik bersama kerabat maupun saat ingin menikmati me time.


Food Garden menyediakan mushola. Hal tersebut sangat mendukung apabila kita ingin seharian mencicipi makanan minuman tanpa meninggalkan kewajiban shalat. Berbuka puasa juga dapat dilakukan di sini khan, tanpa harus jauh-jauh mencari tempat shalat karena waktu shalat Maghrib yang singkat.
Sayangnya saya belum melihat ketersediaan FREE WIFI di area ini. Padahal asyik banget yach kalau dilengkapi fasilitas ini? Mudah-mudahan kedepannya tersedia free wifi dan ATM.
Di sekitar Jakarta Garden City banyak industri dan kantor, tentunya hal ini peluang bagi Food Garden untuk menarik konsumen yang merupakan pekerja di sekitarnya. Toch harga sangat terjangkau dengan kondisi  lingkungan yang terjaga  bersih dan asri.
Saya berani mengatakan bahwa harga makanan dan minuman yang dijual harganya sangat terjangkau karena, pada acara March Fiesta ini diadakan undian bagi konsumen yang memiliki nota belanja minimal Rp 50.000. Dengan perut kenyang saya dan seorang teman mendapatkan 2 kupon undian yang diundi pada pukul 5 sore. Hadiahnya heboh loh, antara lain : sepeda, smartphone, TV Led, voucher belanja dan Jersey MU original. Oh ya, pada tanggal 19 Maret 2017 diadakan Nobar Big Match antara Middlesbrough vs Manchester United.
Semoga sering-sering deh acara nobar di Food Garden. Sepengetahuan saya Jakarta Garden City memang sering mengadakan berbagai acara. Beroperasinya jalan tol yang menghubungkan Tanjung Priok - Ancol - Bandara Soeta bulan Maret 2017 sangat membantu akses konsumen. Dari Bandara Halim Perdanakusumah??? Apalagi ini, sama-sama di wilayah Jakarta Timur loh! 🚁  

Jakarta Garden City
FB Pages   : Jakarta Garden City
Twitter      : @JKT_GardenCity
Instagram : @JakartaGardenCity

No comments: