Friday, February 8, 2019

NESTUM 101 Healthy Bowl Untuk Sarapan Sehat, Lezat dan Praktis


Sejujurnya saya sering "terpana" melihat menu sarapan banyak orang di lingkungan kita. Mereka mengirimkan foto-foto sarapan yang "berat", baik berat di banyaknya jumlah makanan tersebut hingga berat dengan over nutrisi yang di kandung pada makanan sarapan tersebut. Mereka seolah sarapan sekedar menggugurkan rasa lapar dan tidak memikirkan dampak kesehatannya di kemudian hari.
Jika kita bertugas sebagai chef di rumah yang menyediakan menu sarapan bagi orang-orang yang kita sayangi bagaimana? Apakah kamu termasuk juru masak yang memberikan makanan lengkap untuk sarapan? Makanan dengan kandugan lemak, kolestrol dan gula seringkali terlihat dalam menu sarapan orang Indonesia. Pagi-pagi sudah makan goreng-gorengan bersama nasi putih yang tidak sedikit? Sungguh buat saya ini sangat mengerikan. Apakah kamu mengetahui seberapa besar kandungan gula yang terdapat pada nasi putih? Apalagi nasi putih yang biasa orang Indonesia pada umumnya termasuk berlebihan.
Atau sebaliknya, apakah kamu termasuk juru masak yang menyajikan sarapan hanya seteguk minuman demi kepraktisan waktu dan tenaga?
Alhamdulillah, pada hari Selasa (29 Januari 2019) saya berkesempatah hadir dalam acara Blogger Gathering yang diselenggarakan oleh Nestum Indonesia. Siang itu Windy Cahyaning Wulan , Business Executive Officer Dairy Nestle Indonesia menuturkan fakta bahwa sebanyak 51% orang Indonesia menyadari bahwa adalah sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari, tetapi sayangnya 76% orang yang mengonsumsi sarapan belum memilih menu yang sesuai dengan golden standard breakfast, yaitu harus terdiri dari makanan dan minuman. Bukan sekedar makanan atau sekedar minuman.


Padahal dengan melakukan sarapan yang sesuai dengan golden standard breakfast, maka kita akan mendapatkan banyak manfaat. Dr.Rita Ramayulis, DCN,M.Kes, seorang ahli gizi yang hadir pada acara tersebut mengatakan,”Dengan mengonsumsi makanan saat sarapan, kita bisa merasakan manfaat yang lebih baik dari sisi fisiologis maupun psikologis dibandingkan jika hanya mengonsumsi minuman saja. Proses pengolahan makanan saat sarapan berkaitan dengan keterampilan dan kemampuan koordinasi pergerakan motorik kasar di sekitar mulut yang tidak hanya menstimulasi organ pencernaan tetapi juga organ-organ lain termasuk jantung yang bertugas memompa darah. Meningkatnya peredaran darah akan membuat distribusi oksigen dan zat-zat gizi menjadi lebih baik. Dengan demikian kerja otak dan otot akan lebih baik. Karenanya, dengan mengonsumsi makanan, kita tidak hanya bisa mengurangi rasa lapar, juga meningkatkan kemampuan konigtif seperti daya ingat dan fokus.”


NESTLE NESTUM
Nah, ada bahan sarapan yang dapat menjadikan bahan terbaik untuk kita sarapan, yaitu Nestle Nestum. Nestle Nestum merupakan bubur sereal sarapan dengan GRAINSMARTA, yaitu kombinasi unik multigrain yang terdiri dari gandum utuh, beras, jagung, serat pangan, vitamin dan mineral, hadir di Indonesia untuk mendukung komitmen Nestle dalam meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat.
Dalam acara ini kami mendapatkan berbagai menu sehat dari @nestumindonesia . 5 Kreasi Nestum 101 Healthy Bowls by Chef Steby Rafael ....hhhmmm bisa menikmati sarapan dengan menu cita rasa kuliner  lokal dan tetap lezat sehat. Ya, jadi kita nggak perlu sarapan dengan “segepok” nasi putih, goreng-gorengan dan lauk pauk berlebihan yang seringkali menjadi toxic dalam tubuh.
Selain menyaksikan cooking demo dari Sang Chef, kami juga memperoleh wawasan kesehatan dan gizi dari ahlinya loh. Setelah itu kami langsung mempraktekkan wawasan ilmu yang barusan kami terima. Wow, membuat menu berbahan dasar Nestum yang telah disediakan di meja kami.

101 Nestum Healthy Bowl Challenge
Kami , Blogger yang berada di Glass House Ritz-Carlton Pacific Place membagi kelompok. Seperti masa sekolah dulu, kami yang duduk semeja menjadi 1 kelompok. So 1 kelompok terdiri dari 2 orang. Saya kebagian 1 kelompok bersama 1 blogger pria yang belum saya kenal. Waaah...saya juga belum ada ide untuk masak apa nih! Menu yang kita pilih bebas, kita dapat memilih apakah menu manis atau menu gurih.
Ketika kami dipersilakan mengambil pilihan bahan-bahan yang disediakan, saya hanya mengambil bahan yang masih tersedia. Hanya buah-buahan, dan akhirnya saya memutuskan untuk membuat menu yang tadi di-demonstrasikan oleh Chef Steby Rafael. 



Ini loh menunya :

Nestle NESTUM Lapis (Parfaits)
Bahan :
128 gram Nestle NESTUM Original
1/8 buah Semangka
2 buah  Jambu Biji
2 buah Jeruk
2 buah Apel
1 buah Mangga
4 sdm Cream Cheese
4 sdm Yoghurt Tawar
¼ sdt Bubuk Kayu Manis
2 sdm Gula Pasir
Daun Mint Untuk Hiasan
Cara Membuat :

  • Aduk cream cheese, yoghurt, bubuk kayu manis dan gula pasir hingga lembut dan gula larut, sisihkan.
  • Potong semua buah seukuran dadu kecil.
  • Siapkan gelas saji lalu tuang kocokan yoghurt, lapis dengan Nestle NESTUM Original, tambahkan buah potong dan ulang lapisan hingga 2 kami.
  • Hias dengan daun mint kemudian sajikan.


Mau ikut keseruan membuat menu sarapan #101NESTUMHealthyBowl seperti yang kami lakukan di acara tersebut? Yuk bikin menu NESTUM andalan untuk mengawali hari besar kita, kemudian upload foto menu sarapan NESTUM andalan bersi kamu. Keren deh, kita bisa mendapatkan kesempatan memenangkan Healthy Trip ke NESTUM Amazing Morning di Candi Borobudur!  Syarat lebih lengkapnya bisa dilihat di Instagram @NESTUMIndonesia dengan hastag #101NESTUMHealthyBowl

No comments: